Aplikasi terdistribusi yang pernah saya kembangkan dulu selalu berbasis RMI dan socket programming. Ini adalah teknologi klasik dari Java. Prinsip dari Java RMI adalah pemangglan prosedur atau metode yang ada di komputer remote. Ya…kayak prinsip RPC-Remote PRocedure Call gitu deh… Dari proses invoke ke metode yang ada di komputer remote (seperti pemanggilan metode dalam satu mesin) bisa dilewatkan parameter atau argumen. Argumen di sini bisa berupa data dengan tipe primitif, collection, maupun objek. Nah untuk objek yang akan dilewatkn dalam paramter fungsi yang ada di remote komputer, Java menediakan dukungan Synchronizable.

Sekarang musimnya sudah SOA dan messaging, makanya mulai mengubah kiblat ke arah sana. Keunggulan akan terlihat pada kemampuannya mengintegrasikan beberapa sistem yang berbeda dengan proses messaging. Java menyediakan Java Messaging Service untuk ini.

IBm juga menyediakan provider untuk proses messaging ini. Disebutlah IBM Websphere MQ. IBM-MQ ini juga menyediakan dukungan untuk teknologi JMS. Dan ini yang saat ini sdang saya pelajari. Lagi-lagi karena ini ditugasin sama big boss🙂

http://www-306.ibm.com/software/integration/wmq/