Oracle TimesTen In-Memory Database atau yang lebih sering disebut sebagai TimesTen saja merupakan engine database relasional yang disimpan dalam memori, berbeda dengan database flat pada umumnya yang disimpan dalam flat file di harddsik. Konsekuensi dari penggunaan In-Memory Database ini adalah performansi kecepatan transaksi yang bisa lebih cepat. Sehingga banyak bisa digunakan untuk membangun sistem realtime. Dalam proses pengaksesan in-memory database ini pun juga memakai standar SQL, JDBC dan ODBC.

Seperti sistem yang sedang akan saya bangun (radar network) yang membutuhkan untuk diklasifikasikan sebagai realtime sistem. Antara proses transfer data dari tiap radar ke pusat data dan displaying data2 tersebut, sebisa mungkin berjalan bersamaan (hampir bersamaan). Sehingga saya disuruh untuk pake Timesten (selain RDBMS Oracle yang juga tetap dipake).

Masih baru akai ni, dan utk kali pertamanya saya pake mesin dg CentOS 5.1 sebagai server databasenya.

Persiapan Instalasi

1. Saya memakai user non-root untuk proses instalasi ini, sebelumnya saya juga pernah menggunakan user root utk instalasi. Jika ingin melakukan instalasi dengan user selain root. Maka pertamakali kita harus membuat user baru. Semisal kita buat user timesten.
useradd timesten
2.Buat direktori /etc/TimesTen dan set agar owned by user timesten (direktori ini digunakan sebagai Instance Registry oleh TimesTen Database). Untuk melakukan ini tentu kta harus login sebagai root.
mkdir /etc/TimesTen
chown timesten:timesten /etc/TimesTen

3. Download TimesTen In-Memory database dari http://www.oracle.com/technology/software/products/timesten/index.html

Proses Instalasi

1. Ekstrak master installer yang telah didownload tar -cvf timesten70400.linux86.tar

2. Jalankan setup.sh dan akan didapatkan tampilan pada konsol kurang lebih seperti ini

3. Akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang di belakangnya (dalam tanda kurung siku [ ] ) adalah jawaban defaultnya, bisa diubah sesuai dengan keinginan kita.

4. Pertanyaan pertama adalah berkenaan dengan nama instance dari proses instalasi ini, jika langsung ditekan enter maka, nama instance akan mengikuti setingan defaullt yaitu tt70, jika ingin nama yang lainmaka masukkan nama tersebut, baru tekan enter.

5. Kemudian pilih produk yang akan diinstall. Pilihan [1] berrarti kita hanya ingin install engin in-memory database, tapi [2] engin in-memory database dan disertai dengan fasilitas Cache Connect dengan Oracle. Mengenai Cache Connect dengan Oracle akan dibahas belaakangan. InsyaAllah. Dan karen asaya menginginkan TimesTen yang saya install ada cache Connection dengan oracle, maka saya pilih yang [2]

6. Kemudian akan muncul

7. Kemudian masukkan tipe komponen yang ingin diinstall, apakah hanya komponen Data Manager [2] saja, atau client [3] saja, atau dua2nya [1]. untuk ini saya pilih komponen [1], jadi satu mesin bisa saaya fungsikan sebagai client ataupun data manager untuk TimesTen.

8. Kemudian masukkan drektori instalasi, dan direktosi daemon home nya.

9. Kemudian akan muncul tampilan kayak gini

10. Kemudian akan muncul pertnyaan untuk instalasi DemoDataStore, untuk sample.

11. Kemudian masukkan port utk TimesTen daemon, default 17000, dan saya pake ini.

12. Kemudian muncul pertanyaan apakah ingin memakai datastore access control, saya pilih yes.

13. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah, dan pilih jawaban default (dengan langsung menekan enter) paa setiap pertanyaannya

14. Untuk TimesTen server, port yang idpakai default adalah 17002.

15. Dan terakhir akan muncul tampilan

16. Untuk mengecek status TimesTen (jalan atau tidak)
$TimesTen_Home/bin/ttStatus

17. Start atau Stop TimesTen dengan

$TimesTen_Home/bin/ttdaemonadmin -start
$TimesTen_Home/bin/ttdaemonadmin -stop