Setelah memenuhi prerequisite sebelum instalasi Oracle 11g di CentOS (mengecek kapasitas hard disk, kapasitas swap, dan install package2 yang dibutuhkan oleh service oracle), mensetting berbagai macam environmet variable di CentOS (mengedit .bash_profile, profile), dan mensetting kernel parameters (di sysctl.conf), pada akhirnya saya berhasil install Oracle 11g di CentOS. Cuma setelah coba saya restart komputer, ada berbagai macam runtutan error. Peringatan error saya dapatkan ketika saya mencoba connect ke database server dengan menggunakan SQL Developer. Peringatan yang dimunculkan oleh SQL Developer itu antara lain:

  1. Status: Failure -Io exception: The network Adaptor could not establish the connection. Sesudah ini terselesaikan, ganti peringatan error spt selanjtnya di no 2
  2. Status: Failure -Listener refused the connection with the followong error: ORA-12514, TNS : Listener does not currently know of service requested in ….dst. Dan sesudah ini terselesaikan, ganti peringatan error spt selanjtnya di no 3
  3. ERROR: ORA-01034: ORACLE not available ORA-27121: unable to determine size of shared memory segment Linux Error: 13: Permission denied. Dan sesudah ini terselesaikan baru saya bisa konek🙂 (Alhamdulillah…..)