Ketika melakukan proses instalasi Oracle di mesin Linux (yang saya lakukan adalah install Oracle 11g di CentOS 5.1-sebagai server database di kantor utk keperluan develop), akan ada pengecekan ketersediaan resource yang salah satunya adalah ukuran swap. Karena keterbatasan resource-hard disc maka pada saat partisi, untuk swapspace cuma saya kasih dengan ukuran terbatas. Jadi saya perlu untuk menambah alokasi swap. caranya yang saya lakukan kurang lebih seperti ini :

  1. Untuk meihat ukuran swap yang dipunyai saat ini adalah dengan

    swapon -s

    dan hasinya akan muncul daftar ukuran swap yang telah ada, kurang lebih seperti ini:

    Filename    Type        Size    Used    Priority
    /dev/hda2   partition   128044  92472  -1
  2. Untuk melihat kuran hardisk yang free (dalam MB), dilakukan dengan

    df -m

    dan akan tampil mirip seperti ini

    Filesystem  1M-blocks  Used Available Use% Mounted on
    /dev/hda1       11443  6191      5252  55% /
  3. Untuk membuat swap tambahan saya menggunakan file (disebut sebagai swapfile), dengan menggunakan perintah data dump ( dd ). Untuk melakukan ini diperlukan untuk login dalam user root (bila sebelumnya belum masuk di root bisa dengan perintah su dan kemudian masukan password). Setelah masuk ke root saya gunakan perintah seperti ini :
    dd if=/dev/zero of=/extraswap bs=1M count=3000

    3000 merupakan ukuran swap file tambahan. if= dan of= adalah infile dan outfile. file device /dev/zero akan memberikan zeroes untuk ditulis di output file. Jika menginginkan untuk melektakkn out[ut file (of) di posisi yang lain cukup dengan mengganti /extraswap dengan direktori yang Anda inginkan , misal /var/extraswap.

  4. Sekarang telah ada file dengan ukuran yang diharapkan yang akan dignakan sebagai tambahan swap. Swapfile tambahan itu dalam kasus ini adalah /extraswap. Dan untuk menjadikannya sebagai swap partii digunakan
    mkswap /extraswap
  5. Untuk menghidupkannya digunakan
    swapon /extraswap

    dan setelah dijalankan

    swapon -s

    akan terlihat daftar ukuran swap file (lama/original) dan swap baru (tambahan ). Juga gunakan, free untuk melihat ukuran total swap nya.

  6. Ini saja belum cukup karena jika komp restart akan perlu menghidupkan lagi swap file tambahan tadi dengan swapon /extraswap . agar permanen perlu mengedit file /etc/fstab . Untuk amannya copy dulu filenya utk backup:
    cp /etc/fstab /etc/fstab.mybackup

    Jika sudah buka file /etc/fstab dan semisal akan tampil kayak gini:

    /dev/hda2    none   swap   sw   0   0

    Tambahkan swap file tambahan yang telah dibuat tadi dengan menambahkan baris ini:

    /extraswap   none   swap   sw   0   0
  7. Simapn file itu dan pastikan dulu perubahannya dengan diff /etc/fstab.mybackup /etc/fstab