Hmmm… Ternyata meski status sudah gak mahasiswa, masih berbekas ternyata jiwa mahasiswa yang suka tantangan dan bereksplorasi (CMIIW). Yah… lumayan untuk nambah ilmu dan buat makan, alhamdulillah bisa include ke Gatrapen. Sebuah CV yang dipelopori oleh teman2 ITS, yang mengangkat nama Wirabumi Software sebagai brand dari gatrapen. Perusahaan ini merupakan perusahaan penyedia layanan (service provider) atas implementasi proyek-proyek open source berskala industri (enterprise grade open source project).

Dalam menjalankan roda produksi, wirabumi menggunakan bahasa pemrograman Java dan PHP saja. Editor java menggunakan netbeans, dan editor PHP menggunakan notepad++. Database yang igunakan adalah MySQL dan PostgreSQL saja. Semua produk Wirabumi harus selaras dengan semangat open source, dapat dijalankan multi platform, web based, dan dapat dihubungkan dengan plikasi lain (bisa dengan SOAP atau SOA).

Dalam menjalankan roda pemasaran, wirabumi akan berkonsentrasi pada 5 produk saja: Enterprise Resource Planner – ERP (webERP, OpenBravo), Hospital Information System – HIS (care2x, HXP), Learning Management Syste – LMS (Moodle, Focus/SIS), Enterprise Asset Management – EAM (CalemEAM), Business Continuity and Avalability – BC&A (Zenoss, OTRS, OpenNMS).